CARA MEMAINKAN GAME PC MENGGUNAKAN JOYSTICK

Saat kalian bermain games di pc menggunakan usb gamepad double stick ketika menggunakan program XinputTest maka biasanya yang terjadi adalah hanya ada satu controller saja yang statusnya connected sedangkan controller dua atau controller yang lainnya statusnya adalah not connected. Tetapi kejadian seperti ini biasanya tidak pernah terjadi pada pengguna yang menggunakan usb gamepad single stick. Sebenarnya yang harus kita lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengaturan pada file xbox360cemu.ini. Sebelum kita melanjutkan artikel ini ada baiknya jika kalian mengetahui apa itu kegunaan dan pengertian dari program xinput pada saat bermain game di bawah ini.

  XInputTest
XInputTest adalah sebuah program aplikasi emulator untuk komputer yang digunakan pada saat bermain game di pc supaya kita dapat membuat Gamepad atau Twin USB Joystick kalian bisa terdeteksi oleh game sebagai stick xbox 360 controller asli. saya sudah mempunyai pengalaman saat saya memainkan game DMC - Devil May Cry 2013 maka gamepad yang sebelumnya ketika belum menggunakan program xinput gamepad tersebut terdeteksi sebagai Twin USB Joystick dan semua tombol tidak berfungsi dengan baik, hanya ada beberapa tombol saja yang berfungsi sedangkan tombol yang lainnya tidak berfungsi maka lain halnya ketika kalian sudah enggunakan program xinput maka gamepad tadi akan terdeteksi sebagai stick xbox controller asli dan semua tombolnya berfungsi dengan baik.

Keuntungan menggunakan program xinput :
- Mendukung banyak game.
- Ketika bermain game pro evolution soccer gamenya tidak lambat ketika mengoper dan menendang bola, game akan berjalan lebih cepat. seperti ketika menggunakan stick xbox controller asli.

Kerugian ketika menggunakan program xinput :
- Sulit bagi seorang newbie atau pemula dalam hal pengaturan xbox360cemu.ini sehingga jika pengaturan file xbox360cemu.ini tidak di setting dengan benar maka semua tombol di gamepad tidak berfungsi dengan baik.

Untuk cara penggunaannya kalian bisa melihatnya di bawah ini :
1. Kalian Copy terlebih dahulu 5 file Xinput ke dalam directory gamenya :
  • dinput8.dll
  • xbox360cemu.ini
  • xinput1_3.dll
  • xinput9_1_0.dll
  • XInputTest.exe




2. Kalian setting program XInputTest supaya semua tombol sesuai dengan keinginan kita
3. Setelah itu kalian tinggal memainkan gamenya.
  Buat kalian sobat blogger yang saat ini menggunakan usb gamepad double stick dan mengalami masalah yang sama seperti saya, kalian bisa membaca cara mengatasinya XInputTest yang hanya support 1 controller saja, lebih jelasnya kalian bisa melihat cara panduannya di bawah ini :
1. Buka file xbox360cemu.ini
2. Biasanya setelah dibuka kodenya seperti ini :

3. Lakukan pengaturan di bagian kode hijau yaitu :
  • Ganti kode [PAD1] menjadi [PAD2]
  • Ganti kode Index=0 menjadi Index=1
Keterangan :

[PAD1] untuk controller 1
[PAD2] untuk controller 2
[PAD3] untuk controller 3
dan seterusnya.

index=0 untuk controller 1
index=1 untuk controller 2
index=2 untuk controller 3
dan seterusnya.











4. Ubah keseluruhan kode hasilnya seperti ini :

[Options]
UseAutoPad=0            #use 0 to 1; automatically make other PAD to PAD1 after detecting movement
UseInitBeep=1            #use 0 to 1; default 1; beep on init

#Logitech Cordless Rumblepad 2 / Generic Rumble Controller
[PAD1]
Index=0                #controller index in game controllers list; 0 is first; -1 to ignore this pad
Left Analog X=1            #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Left Analog Y=-2        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Right Analog X=6        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Right Analog Y=-3        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Left Analog X Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Left Analog Y Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Right Analog X Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Right Analog Y Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Left Analog X+ Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog X- Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog Y+ Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog Y- Button=0        #button id; 0 to disable
Right Analog X+ Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog X- Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog Y+ Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog Y- Button=0    #button id; 0 to disable
D-pad POV=1            #POV index; 0 to disable
D-pad Up=0            #button id; 0 to disable
D-pad Down=0            #button id; 0 to disable
D-pad Left=0            #button id; 0 to disable
D-pad Right=0            #button id; 0 to disable
A=3                #button id; 0 to disable
B=2                #button id; 0 to disable
X=4                #button id; 0 to disable
Y=1                #button id; 0 to disable
Left Shoulder=5            #button id; 0 to disable
Right Shoulder=6        #button id; 0 to disable
Back=9                #button id; 0 to disable
Start=10            #button id; 0 to disable
Left Thumb=11            #button id; 0 to disable
Right Thumb=12            #button id; 0 to disable
Left Trigger=7                    #button id; precede with 'a' for an axis; eg; a-6; for a slider precede with 's' eg; s-1
Right Trigger=8            #button id; precede with 'a' for an axis; eg; a-6; for a slider precede with 's' eg; s-1
UseForceFeedback=1        #use 0 to 1; default 0
ForceLargeGain=10000        #use 0 to 10000; default 10000; effect intensity
ForceLargePeriod=120000        #use 0 to 200000; default 120000; effect frequency; wheel only
ForceLargeFadeTime=10        #use 0 to 100; default 10
ForceLargeFadeIn=0        #use 0 to 1; default 1
ForceLargeFadeOut=0        #use 0 to 1; default 1
ForceLargeStartMag=0        #use 0 to 10000; default 2000; effect will begin with this value
ForceSmallGain=10000        #use 0 to 10000; default 10000; effect intensity
ForceSmallPeriod=30000        #use 0 to 200000; default 30000; effect frequency; wheel only
ForceSmallFadeTime=10        #use 0 to 100 default 10
ForceSmallFadeIn=0        #use 0 to 1; default 1
ForceSmallFadeOut=0        #use 0 to 1; default 1
ForceSmallStartMag=0        #use 0 to 10000; default 2000; effect will begin with this value
WheelInertiaGain=2500        #use 0 to 10000; default 2500; effect intensity; wheel only
WheelSpringGain=5000        #use 0 to 10000; default 5000; effect intensity; wheel only
SteeringWheel=0            #use 0 to 1; enable for all wheel effects

#Logitech Cordless Rumblepad 2 / Generic Rumble Controller
[PAD2]
Index=1
                #controller index in game controllers list; 0 is first; -1 to ignore this pad
Left Analog X=1            #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Left Analog Y=-2        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Right Analog X=6        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Right Analog Y=-3        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Left Analog X Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Left Analog Y Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Right Analog X Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Right Analog Y Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Left Analog X+ Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog X- Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog Y+ Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog Y- Button=0        #button id; 0 to disable
Right Analog X+ Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog X- Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog Y+ Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog Y- Button=0    #button id; 0 to disable
D-pad POV=1            #POV index; 0 to disable
D-pad Up=0            #button id; 0 to disable
D-pad Down=0            #button id; 0 to disable
D-pad Left=0            #button id; 0 to disable
D-pad Right=0            #button id; 0 to disable
A=3                #button id; 0 to disable
B=2                #button id; 0 to disable
X=4                #button id; 0 to disable
Y=1                #button id; 0 to disable
Left Shoulder=5            #button id; 0 to disable
Right Shoulder=6        #button id; 0 to disable
Back=9                #button id; 0 to disable
Start=10            #button id; 0 to disable
Left Thumb=11            #button id; 0 to disable
Right Thumb=12            #button id; 0 to disable
Left Trigger=7                    #button id; precede with 'a' for an axis; eg; a-6; for a slider precede with 's' eg; s-1
Right Trigger=8            #button id; precede with 'a' for an axis; eg; a-6; for a slider precede with 's' eg; s-1
UseForceFeedback=1        #use 0 to 1; default 0
ForceLargeGain=10000        #use 0 to 10000; default 10000; effect intensity
ForceLargePeriod=120000        #use 0 to 200000; default 120000; effect frequency; wheel only
ForceLargeFadeTime=10        #use 0 to 100; default 10
ForceLargeFadeIn=0        #use 0 to 1; default 1
ForceLargeFadeOut=0        #use 0 to 1; default 1
ForceLargeStartMag=0        #use 0 to 10000; default 2000; effect will begin with this value
ForceSmallGain=10000        #use 0 to 10000; default 10000; effect intensity
ForceSmallPeriod=30000        #use 0 to 200000; default 30000; effect frequency; wheel only
ForceSmallFadeTime=10        #use 0 to 100 default 10
ForceSmallFadeIn=0        #use 0 to 1; default 1
ForceSmallFadeOut=0        #use 0 to 1; default 1
ForceSmallStartMag=0        #use 0 to 10000; default 2000; effect will begin with this value
WheelInertiaGain=2500        #use 0 to 10000; default 2500; effect intensity; wheel only
WheelSpringGain=5000        #use 0 to 10000; default 5000; effect intensity; wheel only
SteeringWheel=0            #use 0 to 1; enable for all wheel effects


#Logitech G25 Racing Wheel / Generic Wheel
[PAD2]
Index=-1            #controller index in game controllers list; 0 is first; -1 to ignore this pad
Left Analog X=1            #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Left Analog Y=7            #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Right Analog X=7        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Right Analog Y=7        #axis index; use - to invert; precede with 's' for a slider eg; s-1; 7 to disable
Left Analog X Linear=30        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Left Analog Y Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Right Analog X Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Right Analog Y Linear=0        #-100 to +100  raise this number to increase sensitivity near center
Left Analog X+ Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog X- Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog Y+ Button=0        #button id; 0 to disable
Left Analog Y- Button=0        #button id; 0 to disable
Right Analog X+ Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog X- Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog Y+ Button=0    #button id; 0 to disable
Right Analog Y- Button=0    #button id; 0 to disable
D-pad POV=1            #POV index; 0 to disable
D-pad Up=0            #button id; 0 to disable
D-pad Down=0            #button id; 0 to disable
D-pad Left=0            #button id; 0 to disable
D-pad Right=0            #button id; 0 to disable
A=18                #button id; 0 to disable
B=19                #button id; 0 to disable
X=17                #button id; 0 to disable
Y=16                #button id; 0 to disable
Left Shoulder=6            #button id; 0 to disable
Right Shoulder=5        #button id; 0 to disable
Back=8                #button id; 0 to disable
Start=7                #button id; 0 to disable
Left Thumb=3            #button id; 0 to disable
Right Thumb=4            #button id; 0 to disable
Left Trigger=a-6        #button id; precede with 'a' for an axis; eg; a-6; precede with 's' for a slider  eg; s-1
Right Trigger=a-2        #button id; precede with 'a' for an axis; eg; a-6; precede with 's' for a slider  eg; s-1
UseForceFeedback=1        #use 0 to 1; default 0
ForceLargeGain=8000        #use 0 to 10000; default 10000; effect intensity
ForceLargePeriod=120000        #use 0 to 200000; default 120000; effect frequency; wheel only
ForceLargeFadeTime=10        #use 0 to 100; default 10
ForceLargeFadeIn=0        #use 0 to 1; default 1
ForceLargeFadeOut=1        #use 0 to 1; default 1
ForceLargeStartMag=1000        #use 0 to 10000; default 2000; effect will begin with this value and end with 10000
ForceSmallGain=8000        #use 0 to 10000; default 10000; effect intensity
ForceSmallPeriod=30000        #use 0 to 200000; default 30000; effect frequency; wheel only
ForceSmallFadeTime=10        #use 0 to 100; default 10
ForceSmallFadeIn=0        #use 0 to 1; default 1
ForceSmallFadeOut=1        #use 0 to 1; default 1
ForceSmallStartMag=1000        #use 0 to 10000; default 2000; effect will begin with this value and end with 10000
WheelInertiaGain=2500        #use 0 to 10000; default 2500; effect intensity; wheel only
WheelSpringGain=5000        #use 0 to 10000; default 5000; effect intensity; wheel only
SteeringWheel=1            #use 0 to 1; enable for all wheel effects
5. Selesai lalu simpan pengaturannya.

Setelah melakukan pengaturan di atas hasilnya sekarang controller 2 menjadi connected

Xinput controller 2 Connected

Tentang Fery Prandika

Melayani Service Komputer/Laptop Segala Kerusakan,Penjualan Spare Part Dan Pendaftaran Agen Pulsa Elektrik All Operator Murah,Mudah Dan Berkualitas

0 komentar: